Pengertian Database Managemen System (DBMS)

Asalam’mualaikum, kali ini di link pengetahuan saya akan membagikan artikel mengenai pengertian database managemen system (DBMS) saya mengambil materi ini dari buku yang saya baca untuk refrensi tugas kuliah saya.

Pengertian Database Managemen System (DBMS)

Databese Managemen System (DBMS) adalah aplikasi yang dipakai untuk mengelola basis data. DBMS biasanya menawarkan beberapa kemampuan yang terintegrasi seperti:

1.Membuat, Menghapus, Menambah dan memodifikasi basis data.

2.Pada beberapa DBMS pengelolahannya berbasis windows (berbentuk jendela-jendela) sehingga lebih mudah di gunakan.

3.Tidak semua orang bisa mengakses basis data yang ada sehingga memberikan keamanan bagian data.

4.Kemampuan berkomunikasi dengan program aplikasi yang lain. Misalnya dimungkinkan untuk mengakses basis data SQL Server menggunakan aplikasi yang dibuat menggunakan VB .NET.

5)Kemampuan pengaksesan melaui komunikasi antar komputer (client server).

Microsoft SQL Server adalah salah satu aplikasi DBMS yang sudah sangat banyak digunakan oleh para pemrograman aplikasi basis data, Contoh DBMS lainnya adalah : MySQL (freeware), postgreSQL (freeware), MS Access dari Microsoft, DB2 dari IBM, Oracle dan Oracle Corp, Dbase, FoxPro, dsb.

Arsitektur Sistem
Arsitektur sistem maksudnya adalah konfigurasi sistem secara keseluruhan yang menjadi 'tempat hidup' dari DBMS, basis data dan, aplikasi yang memanfaatkannya.

Beberapa jenis arsitektur sistem yang dapat digunakan adalah:
1.Sistem tunggal/mandiri (stand alone)
Arsitektur ini paling sederhana dan murah .Arsitektur ini dapat kita pilih jika basis data yang dikelola tidak terlalu besar dan lebih bersifat untuk membantu pekerjaan administratif.

2.Sistem tersentralisasi (Centralized Sytem)
Jika yang di tersentralisasi adalah DBMS nya maka server-nya disebut application server.Jika yang di setralisasi adalah basis datanya, maka server-nya disebut file server.

3.Sistem Clinet-Server
Arsitektur ini dibuat untuk menutupi kelemahan pada sistem tersentralisasi beban server jadi tidak terlalu berat karena Client juga memiliki DBMS sehingga proses yang bisa dilakukan di Client akan dilakukan di Client.Lalu lintas data antara server dan workstation pun dibuat lebih efisien.

Itu lah yang bisa saya tuliskan dalam artikel kali ini mengenai Pengertian Database Managemen System (DBMS) semoga membantu.

Gratis Berlangganan Untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru

0 Response to "Pengertian Database Managemen System (DBMS)"

Post a Comment