Pengertian Metode Ilmiah, Kerja Ilmiah dan Manfaat metode Ilmiah

Sesuai dengan sifat sains yang dapat dibuktikan kebenarnnya maka dalam upaya memecahkan masalah yang dihadapi, para saintis menggunakan langkah kerja yang terus, sistematis, dan terkontrol. Langkah para saintis seperti ini kemudian dokenal sebagai metode ilmiah.

Pengertian Metode Ilmiah, Kerja Ilmiah dan Manfaat metode Ilmiah

Melalui penerapan metode ilmiah tersebut, diharapkan dapat diproleh pengetahuan ilmiah yang objektif, konsisten, sistematis, dan universal. Objektif bearti sesuatu dengan fakta yang sebenarnnya, konsisten berarti tetap dan taat azas, sistematis berarti dilakukan melalui urutan proses yang teratur, dan universal berarti dapat berlaku umum, tidak terbatas pada hal-hal tertentu saja.

Secara ringkat, metode ilmiah meliputi langkah-langkah seperti berikut:
1.Merumuskan masalah
2.Mengumpulkan keterangan (data)
3.Menyusun Hipotesis
4.Melakukan eksperimen
5.Menarik kesimpulan, konsep
6.Menguji kesimpulan, prinsip, teori,
7Merumuskan hukum dan konsep.

Berdasarkan pemahaman di atas maka dapat disimpulkan bahwa metode ilmiah adalah cara khusus yang digunakan oleh para saintis untuk memecahkan masalah-masalah yang berhubungan dengan upaya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan manusia melalui urutan langkah kerja yang teratur, sistematis, dan terkontrol. Melalui penerapan langkah-langkah metode ilmiah, berkembang  berbagai bidang kajian sains dan biologi sehingga muncullah berbagai macam ilmu pengetahuan baru yang sangat bermanfaat untuk meenunjang upaya pemenuhan kebutuhan hidup manusia sehari-hari.

Kerja Ilmiah
Berdasarkan uraian tentang metode ilmiah, diketahui bahwa dalam melaksanakan tugasnya sebagai peneliti, setiap saintis selalu bekerja sesuai dengan urutan langkah kerja yang teratur, sistematis, dan terkontrol. Cara kerja seperti ini kemudian dikenal sebagai kerja ilmiah. Diawali oleh adanya masalah yang dihadapi, para ilmuan mulai bekerja dengan menlakukan pengumpulan data yang terkait dengan masalah yang bersangkutan.

Berdasarkan data yang terkumpul, kemudia diajukan hipotesis sebagai pedoman untuk melakukan percobaan diperoleh data yang kemudia dianalisis untuk memperoleh suatu kesimpulan yang diharapkan. Kesimpulan merupakan jawaban dari masalah yang ada. Kesimpulan tersebut kemudian diuji kembali dengan melakukan percobaan ulang sehingga akhirnya diproleh konsep yang lebih pasti dan dapat dipercaya kebenarannya. Dari berbagai konsep yang diperoleh, akhirnya tersusunlah prinsip, teori, hukum, postulat, dalil dan sebagainya yang pada akhirnya berkembang menjadi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Manfaat Metode Ilmiah
Melalui penerapan metode ilmiah, para saintis telah berhasil menemukan berbagai macam ilmu pengetahuan yang sangat berperan dalam membantu meningkatkan kesejahteraan manusia. 

Secara singkat, funsi metode ilmiah dapat dijelaskan seperti berikut:
a.Membantu mengungkap rahasia alam yang sebelumnya tidak diketahui
b.membantu pemecahan masalah melalui penalaran dan pembuktian yang memuaskan
c.menguji hasilpenelitian orang lain sehingga doperoleh kebenaran yang objektif

Kesimpulan: Metote ilmia banyak mebawa dampak positif untuk perkembangan di bidang ilmu pengetahuan khusunya biologi dengan kerja yang objektif, konsiten, sistem, universal dapat membuat munculnya berbagai ilmu pengetahuan baru yang sangat bermanfaat untuk menunjang upaya pemenuhan kebutuhan hidup manusia sehari-hari.

Gratis Berlangganan Untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru

0 Response to "Pengertian Metode Ilmiah, Kerja Ilmiah dan Manfaat metode Ilmiah"

Post a Comment