Mengenal Istilah Google Analystics Terlengkap

Banyak blogger yang mencari dan membahas menggenai Google Analytics, sudah tidak di ragukan lagi kinerja Google Analytics dalam aktivitas pembangunan situs web. Lalu pengertian Google Analytics itu sendiri merupakan salah satu layanan dari google yang berfungsi untuk menampilkan data statistik pengunjung ke sebuah situs web.

Google Analytics secara cerdas bisa menelusuri dan membedakan cara pengunjung masuk berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk diantaranya adalah melalui mesin pencari, iklan, jaringan advertising pay-per-click, email marketing, maupun bisa juga menelusuri kunjungan dari tautan yang terkandung pada sebuah dokumen offline semacam PDF.

Mengenal Istilah Google Analystics TerlengkapGoogle Analystics
Bisa dikatakan bahwa Google Analytics menjadi tool terbaik yang dimiliki Google, mengingat penggunanya dapat dengan mudah untuk melacak maupun memeriksa statistik yang lebih akurat atau bahkan secara real time berdasarkan trafik halaman web Anda.

Fungsi lainnya, tool ini mampu memeriksa seberapa tingkat bouncing pada halaman web, dan mendeteksi pengunjung unik seperti yang sudah dijelaskan diatas. Sekilas memang tampilan Google Analytics cukup memusingkan karena yang ada hanyalah grafik-grafik dan angka statistik. Namun jika Anda sudah memahami maka alat ini bisa menjadi sangat berguna karena didalamnya menampilkan beberapa statistik penting seperti:

1. Sumber atau asal muasal kunjungan
2. Tren dari pengunjung
3. Halaman  favorit (menunjukan bagian hamaman mana dari web yang paling sering di kunjungi)
4. Peta asal dari pengunjung
5. Berapa lama kunjungan

Google Analystics dipastikan akan membantu Anda mengathui bagaimana keefektifan promosi web atau blog. Sebagai contoh ketika Anda sudah memasang kode Google analytics ini pada blog yang membahas tentang dunia game online dan total dalam seminggu sudah ada 800 Kunjungan perharinya. Dari 800 kunjungan Anda akan mendapatkan informasi sangat penting seperti dari mana pengunjung masuk ke halaman Anda.

Contoh statistik adalah, ada sekitar 88% pengunjung masuk berdasarkan browsing melalui mesin pencari google, kemudian ada sekitar 6% masuk melalui tautan yang disebar melalui Facebook, sisanya ada 4% melalui media sosial lain seperti twitter serta 2% dari trik SEO off page karena Anda memasang link pada website lain. Tidak hanya itu saja, Google Analytics juga bisa membuat hitungan seperti kunjungan terhadap halaman web adalah selama 10 menit. 

Google Analytics dan AdWords
Hanya sebagai pemberitahu pengunjung saja? Itu bila Anda belu mengeksplorasi karena apabila tool ini diintegrasikan dengan layanan AdWords, ternyata Google Analytics sangat bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang terpasang pada Google. Ya, menggunakan Google Analytics, memungkinkan para pengguna bisa mengetahui iklan maupun kata kunci apa yang dianggap paling banyak merujuk ke situs web pengguna.

Membuat Google Analytics
Pembuatan akun Google Analytics memang tidak begitu rumit, namun ada beberapa proses yang harus diselesaikan.

1. Langkah pertama adalah masuk ke Google Analytics sebagai halaman resmi untuk membuat akun Google Analystics.

2. Anda sebenarnya hanya perlu untuk klik login atau masuk saja bila sudah memiliki akun Gmail. Ini karena seluruh layanan Google memang diupayakan untuk terintegrasi dengan akun Gmail.

3. Apabila sudah login atau masuk dengan Gmail, lihat tulisan “Start using Google Analytics” dan kemudian  klik Sign Up.

4. Proses selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman baru dan diminta untuk memasukan beberapa informasi untuk kelengkapan profil Anda. Yang penting harus ditulis adalah nama website yang dimiliki, kemudian isi dengan URL blog maupun website Anda. Isi pula apa kategori blog, timezone serta nama untuk akun blog yang akan digunakan pada Google Analytics. Langkah terakhir adalah Klik tombol Get Tracking ID.

5. Pada jendela baru muncul terms and condition, dan Anda harus klik tombol I Accept sebagai syarat menyetujui ketentuan dari Google Analytics. Jangan lupa pula untuk mencatat  ID Pelacakan untuk digunakan.

Untuk menambahkan Google Analytics pada pengaturan Blogger, caranya cukup mudah. Setelah masuk ke akun Blog tinggal klik setting. Perhatikan kolom Google Analytics, cukup masukan maupun bisa salin ID Pelacakan blog Anda pada kolom teks yang tersedia dengan tulisan "ID Properti Web Analytics".

Gratis Berlangganan Untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru

2 Responses to "Mengenal Istilah Google Analystics Terlengkap"