Penemu Mozilla Firefox dan Sejarah Singkatnya

Mozilla adalah salah satu browser yang di digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia untuk menjelajah internet. Walau bukan mozilla saja browser internet selain itu ada juga internet explorer dan chrome, dengan fungsi yang sama. Namun kali ini di Link Pengetahuan kita akan membahas siapa penemu Mozilla. Simak penjelasannya di bawah.

Penemu Mozilla
Blake Ross adalah penemu pertama Mozilla ia seorang pemuda asal Amerika Serikat yang melunjurkan fasilitas penjelajah internetnya untuk umum pada November 2004. Saat itu usia Blake Ross baru 19 tahuan. Barulah kemudian digabungkan dengan Firefox, program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt. Kemudian namanya menjadi Mozilla Firefox, dan mulai di kenal sebagai browser penjelajah internet yang banyak di gunakan dan di terima oleh pengguna internet.

Penemu Mozilla Firefox dan Sejarah Singkatnya

Ia juga dinilai mampu merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer. Banyak orang memuji kesuksesan Blake Ross. Direktur engineering Yayasan Mozilla, Chris Hoffman, mengatakan, Dalam dunia ‘Open Source’, posisi seseorang tergantung pada keahliannya. Dan Blake Ross memiliki semua keahlian yang dibutuhkan. Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan olehYayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 1.0-nya dirilis pada 9 November 2004. Dalam sejarahnya, Mozilla pada awalnya digunakan sebagai code name browser web Netscape Navigator. Jamie Zawinski, seorang pegawai Netscape CommunicationsCorporation kemudian memberikan ide nama Mosaic killer.

Nama “killer” lebih popular diucapkan dengan kata “killa”, yang kemudian berubah menjadi “illa”. Kemudiandigabungkan dengan Mosaic menjadi Moz+illa, dan Zawinski berharap dengan nama tersebutdapat menempatkan Mosaic menjadi browser yang popular. Mozilla adalah mascot dari Netscape Communications Corporation, yang dulunya dikenaldengan nama Mosaic Communications Corporation.

Awal Mula Maskot Mozilla
Maskot Mozilla ini memiliki beberapa bentuk termasuk astronot memakai helm atau spaceman, namun lambang mascot yang dipilih adalah gambar seperti monster fiksi klasik, Godzilla, yang didesain oleh Dave Titus tahun 1994. Mozilla merupakan fitur dari website Netscape, kemudian Mozilla berlanjut untuk digunakan di dalam Netscape, yang digambar di T-shirt untuk dipakai semua staff atau pekerja seni yang ada dikampus Netscpae, Mountain View, untuk browser-nya mozilla firefox memakai maskot serigala, unik bukan.

Mozilla identik dengan software gratis atau open source project yang dibuat ketika membuat Internet suite generasi berikutnya untuk Netscape. Mozilla Organization dibangun pada tahun 1998 untuk membuat Internet suite baru, dan kemudian menjadi Mozilla Foundation.

Lalu Mozilla Foundation yang akan membuat dan me-maintain browser Mozilla Firefox dana plikasi email Mozilla Thunderbird. Trademark Mozilla telah diresmikan oleh Mozilla Foundation pada tahun 2006. Pada Agustus 2005, Mozilla Foundation mengumumkan akan membuat Mozilla Corporation, yang menjadi perusahaan profit Mozilla Foundation, yang kemudian berfokus untuk meluncurkan Firefox ke user. 

Software Mozilla seperti Firefox, Thunderbird, SeaMonkey, Bugzilla, Camino, Sunbird, Minimo, Flock, Songbird. Luar biasa bukan perjalanan seorang Blake Ross dalam mengembangkan browser penjelajah miliknya yang di sekarang di sebut Mozilla Firefox, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda selaku pembaca dan terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung di Link Pengetahuan, terimakasih.

Gratis Berlangganan Untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru

0 Response to "Penemu Mozilla Firefox dan Sejarah Singkatnya"

Post a Comment