Raymond Samuel Tomlinson Penemu Email

Email merupakan surat elektronik yang sekarang banyak di gunakan untuk mengirimkan pesan singkat maupun berbentuk gambar, file pdf, video dan mp3. Dahulu orang menggunakan pos untuk mengirimkan pesan, tetapi dengan perkembangan teknologi kita bisa mengirim pesan itu melalui Email melalui jaringan, tetapi apakah Anda sudah mengenal siapa penemu surat elektronik yang di sebut Email? Simak di bawah penjelasannya.

Penemu Email
Raymond Samuel Tomlinson adalah penemu dari Email, ia adalah seorang Insinyur komputer yang lahir di Amsterdam, New York pada tanggal 1941, Ray menemukan emailberbasis interber pada akhir tahuan 1971 di ARPnet. Ray berkerja sebaai insinyur komputer untuk Blot Beranek dan Newman (BBN), perusahaan yang di sewakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mmembangun internet yang pertama pada tahun 1968.

Raymond Samuel Tomlinson Penemu Email

Ia saat itu tengah mengerjakan program yang disebut SNDMSG (send message )yang memungkinan pengguna komputer yang sama bisa meninggalkan pesan satu sama lain. Atau sistem e-mail dengan jenis komputer tunggal. Ketika itu, ia mencoba sebuah program transfer (CYPNET) yang memungkinkan pengguna komputer mengirimkan file, untuk mengarahkan komputer terhubung dengan ARPANET. Tomlinson kemudian berpikir bahwa jika ia menggabungkan SNDMSG dan CYPNET berbarengan, ia mungkin bisa mengirim pesan ke kotak pos elektronik lain dalam sebuah jaringan, semudah mengirimkan file.

Salah satu pertanyaan yang kemudian mengarahkan Tomlinson pada eksperimen lain mengenai e-mail adalah bagaimana membedakan pesan-pesan yang diarahkan keluar jaringan dan pesan lain yang dialamatkan ke banyak pengguna komputer pada sebuah kantor. Ia terus mempelajari keyboard komputer yang tak langsung terkait dengan nama orang serta bukan sebuah angka.

Awal Menemukan Simbol Email
Awal dimana Ray menggunakan simbol @ sebagai petunjuk alamat yang digunakan pengguna email. Simbol ini sebenarnya mewakili tempat dan sebuah preposisi pada sebuah keyboard. Penggunaan simbol @ berdampak global jadi simbol ini memiliki peranan penting di dalam penggunakan sebuah email. Ray mengatakan bahwa penemuannya ini di hasilkan “hanya dari berpikir tak lebih dari 30 atau 40 detik saja.” Ray memilih simbol @ untuk membedakan mana pengguna dengan alamat server, simbol @ di baca “et” dan memiliki arti “di”. Email pertama yang dikirim oleh Ray Tomlinson di antara dua komputer yang benar-benar duduk di samping satu sama lain.

Namun, jaringan ARPANET digunakan sebagai sambungan antara keduanya. Pesan email yang pertama adalah “QWERTYUIOP”. Pesan QWERTYUIOP dapat jadikan pesan bersejarah karena itu isi pesan pertama yang dapat dikirmkan lewat jaringan ARPANET yang berkembang sekarang menjadi jaringan internet.

Sarana komunikasi global yang paling murah. Itu lah sejarah singkat mengenai Ray Tomlinson dalam perjalanan mengembangkan Email sebagai pesan elektronik yang banyak di gunakan di gunakan di seluruh dunia, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda sebagai pembaca, dan terimakasih.

Gratis Berlangganan Untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru

0 Response to "Raymond Samuel Tomlinson Penemu Email"

Post a Comment