Pengertian Biologi dan Cabang Ilmu Biologi

Setiap makhluk hidup berkembang biak. Sebuah contoh harimau dapat mempunyai anak? Anak harimau dihasilkan melalui proses perkembangbiakan. Proses perkembangbiakan dimulai dan bersatunya sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina yang menghasilkan zigot. Simak penjelasan singkat mengenai zigot di bawah.

Zigot berkembang menjadi janin yang berkembang di dalam rahiminduk betina. Setelah mencapai masa waktu tertentu, janin dilahirkan dan menjadi anak harimau. Jika kita mau merenungkan. Terdapat suatu tanda kebesaran Tuhan dalam proses penciptaan anak harimau. 

Bagaimana sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang bersatu akhirnya dapat menghasilkan seekor anak harimau? itulah suatu tanda kebesaran Tuhan. Bagaimana anak harimau itu tumbuh dan berkembang? Bagaimana anak harimau itu dapat hidup? Anda dapat mempelajari semua itu di dalam Biologi.

Definisi Biologi
Biologi sebagai salah satu bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (sains) merupakan ilmu pengetahuan yang dapat diuji kebenarannya berdasarkan pengalaman manusia. Berbagai macam cara yang dilakukan para ilmuwan untuk memperoleh pemahaman terhadap biologi itu sendiri. Secara umum, Ilmu Pengetahuan Alam dikenal dengan sebutan Sains dan sejalan dengan perkembangannya sains meliputi Fisika, Kimia, dan Biologi. 

Bagaimanakah hubungannya sains dengan Biologi? Simak selannjutnya di bawah ini.

Bagaimana Keterkaitan Sains dan Biologi?
Sebagai Ilmu Pengetahuan Alam, Sains berasal dari bahas Latin, yaitu scientia yang berarti pengetahuan (knowlegde). Berdasarkan pendapat beberapa ahli, muncul berbagai macam pandangan tentang sains antarain sebagai berikut.

1.Sains dipandang sebagai faktor pengembangan produksi. Artinya, bertolak dari penguasaan sains, manusia dapat mengembangkan berbagai macam produk yang berhubungan erat dengan kesejahteraan hidupnya. 

2.Sains dipandang sebgai salah satu faktor utama yang memengaruhi kepercayaan dan sikap. Artinya, dengan memahami sains maka manusia akan merasa aman, nyaman, dan penuh percaya diri di dalam mengelola alam seisinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

3.Sains dipandang sebgai kumpulan pengetahuan. Artinya, proses pembentukan sains berawal dari perpaduan antara berbagai pengetahuan manusia tentang alam di sekitannya.

4.Sains di pandang sebagai suatu metode. Artinya, sains merupakan suatu cara khusus berupa seperangkat aturan untuk memecahkan masalah dalam rangka memahami alam seisinya agar manusia dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Berdasarkan berbagai macam peandangan di atas dan memerhatikan hakikat sains itu sendiri maka definisi sains dapat dirumuskan sebagai berikut. Sains adalah ilmu pengetahuan yang dibentuk secara terus-menerus. Sains merupakan kumpulan dari konsep, prinsip, hukum, dan teori yang berhubungan erat dengan alam semesta.

Cabang-cabang Ilmu Biologi
Biologi sebagai salah satu bagian dari sains merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup dan segala sesuatu yang berkaitan dengan makhluk hidup. Biologi lahir dan berkembang dengan pesat melalui pengamatan dan eksperimen. 

Berbekal ketekunan dan keuletan, para ilmuwan terus mengembangkan penelitian sehingga objek kajian Biologi menjadi semakin luas dan mendalam. Sebagai akibatnya muncullah berbagai cabang ilmu biologi sesuai dengan spesifikasi bidang dibarengi dengan munculnya bidang-bidang kajian baru, maka tidak mungkin lagi bagi seorang ilmuwan (saintis) untuk dapat menguasai seluruhnya. 

Oleh karena itu, para saintis melakukan spesialisasi terhadap bidang-bidang untuk mempermudah mempelajarinya. Ruang lingkup bidang kajianBiologi antara laindapat di kategorikan seperti gambar di bawah ini.

Cabang-cabang Ilmu Biologi

Sejalan dengan peningkatan kebutuhan hidup manusia, maka berbagai cabang ilmu Biologi terus mengalami perkembangan sehingga muncullah cabang-cabang biologi yang baru sebagai hasil penggabungan santrcaabang, Biologi yang sudah ada dengan bidang kajian sains lainnya, seperti Bioteknologi, Biofisika, dan Biokimia.

Gratis Berlangganan Untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru

0 Response to "Pengertian Biologi dan Cabang Ilmu Biologi"

Post a Comment