Pengertian Internet dan Perbedaannya Dengan Intranet

Internet menjadi salah satu yang tidak bisa di lepaskan oleh manusia pada zaman yang maju seperti sekarang. Karna fungsi dan kegunaanya sangat bermanfaat bagi kita. Tidak sedikit yang menggunakan internet, untuk membantu keperluan sehari-hari. Seperti membantu menghubungi keluarga, dan mencari berita dengan waktu yang singkat dan cepat

Internet (Interconnection Networking) adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung antar komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dengan menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran.

Namun, mungkin sebagian orang ada yang sama sekali belum mengetahui tentang apa yang namanya internet. Sepeti apa pengertiannya dan fungsi internet itu sendiri. Selain internet, ternyata juga ada jaringan yang bernama intranet pastinya hal ini masih asing di pendengaran kita. Internet dan intranet secara pengertian memang berbeda, tapi memiliki fungsi yang sama, yakni sama-sama berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan yang lainnya.

Pengertian Internet
Internet (Interconnection Networking) adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung antar komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dengan menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran. Hal inilah yang membuat kita dapat saling berinterkasi, berkomunikasi, dan saling bertukar informasi dengan orang lain di seluruh dunia.

Perlu diketahui, bahwa internet pertama kali muncul pada tahun 1969 di Amerika Serikat. Sedangkan yang membentuknya adalah Departemen Pertahan Amerika Serikat melalui proyek ARPA atau juga disebut ARPANET (Advance Research Project Agency Network). Pada awalnya, internet dibangun hanya untuk keperluan militer saja. Namun siapa sangka, internet sekarang ini berkembang dengan sangat pesat di seluruh dunia. Tentunya pula bisa digunakan untuk umum.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Onno Purbo
Menurut Purbo (dalam Prihatna, 2005) Internet pada dasarnya adalah suatu media yang dipakai untuk mengefesiensikan proses komunikasi yang disambungkan lewat berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, E-mail.

Oetomo
Menurut Oetomo (2002) internet adalah singkatan atau singkatan dari international network, yang didefinisikan juga sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil saling terhubung satu sama lain.

Supriyanto
Menurut Supriyanto (2006) Internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang punya sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda-beda, dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang memakai protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

Harjono
Menurut Harjono (2009) internet adalah kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan bisa mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang saling berhubungan serta saling terkoneksi satu sama lainnya. Agar komputer bisa saling terkoneksi satu sama lain, maka diperlukan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan itu bisa menggunakan kabel/serat optik, satelit atau lewat sambungan telepon.

Ramdhani
Menurut Ramdhani (2003) internet adalah suatu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang bisa menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan.

Sibero
Menurut Sibero (2011) Internet atau juga yang merupakan kependekan dari Inter-connected Network adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global.

Drew Heywood
Menurut Heywood (1996) internet adalah istilah teknologi yang muncul mulanya pada akhir tahun 60-an yaitu pada saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan suatu standar baru dalam melakukan komunikasi Internetworking. Standar baru ini haruslah merupakan standar yang sanggup menghubungkan berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian atau juga yang ilmiah seperti di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu juga dioperasikan pada kondisi minimum akibat bencana maupun perang.

Internet dibagi menjadi dua, yang masing-masing adalah;

MILNET (Internet untuk keperluan militer).
ARPANET (Internet untuk keperluan non-militer).

Pengertian Intranet
Jika internet bisa diakses oleh orang-orang di seluruh dunia, maka hal itu berbeda dengan Intranet. Pasalnya, Intranet adalah suatu jaringan (Private Network) yang menggunakan protokol internet TCP/IP untuk berbagi informasi penting dalam lingkup lokal yang sudah ditentukan. Misalnya, hanya bisa digunakan di kantor/perusahaan saja. Bisa digunakan di kelas/sekolah saja, universitas, dll. Intinya, intranet merupakan suatu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa diakses di wilayah lokal/kecil tertentu saja. Hal itu juga menunjukkan kalau intranet tidak bisa diakses di mana pun berada.

Perbedaan Internet & Intranet

Internet
1.Jaringannya luas, cepat, dan bisa diakses diseluruh dunia.
2.Perkembangannya sangat cepat.
3.Bisa digunakan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana pun berada.
4.Memiliki jaringan yang kuat.
5.Internet berisi hampir seluruh jenis file dan konten

Intranet
1.Jaringannya sempit (terbatas), pun tidak bisa diakses di seluruh dunia.
2.Perkembangannya lambat.
3.Hanya biasa digunakan oleh instansi perkantoran/perusahaan, sekolah, universitas, dan oraganisasi lainnya di wilayah tertentu.
4.Intranet biasanya diatur untuk beberapa konten saja.

Gratis Berlangganan Untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru

0 Response to "Pengertian Internet dan Perbedaannya Dengan Intranet"

Post a Comment