Apakah Overhead Projector Itu? Ini Penjelasannya

Assalam'mualaikum, kali ini di link pengetahuan kita akan membahas mengenai overhead projector. langsung saja lihat definisi di bawah ini.

Overhead Projector
Merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memproduksi atau memproyeksikan gambar atau visual yang ada di dalam transparansi film. Caranya adalah dengan meletakkan transparasi di atas permukaan kaca yang apabila lampu OHP dinyalakan maka tranparansi tersebut akan terproyeksikan.
Apakah Overhead Projector Itu?
Kemampuan Lensa yang ada di dalam OHP memungkinkan pantulan gambar atau tulisan menjadi lebih besar aslinya dan tampilan dengan cahaya yang cermelang. OHP juga dapat digunakan menjelaskan suatu materi pelajaran tanpa harus menggunakan plastik transparansi. Benda tidak tembus pandang seperti kertas akan tampak bayangan hitam atau siluet ketika diproyeksikan.

Cara ini bisa digunakan ketika guru matematika mengajarkan berbagai bentuk segitiga, trapesium, segi empat dan sebagainya dalam pelajaran matematika.

OHP memang dirancang khusus untuk suatu kelas atau ruangan tertutup. Oleh karena itu, penggunaan OHP akan efektif bila memenuhi persyaratan tertentu. Jumlah siswa biasanya tidak lebih dari lima puluh orang kecualai jika pembesaran proyeksi memungkinkan siswa yang duduk paling belakang mampu membacanya.

Dalam menggunakan OHP gangguan sinar atau cahaya dari luar ruangan harus dikendalikan. Jika tidak maka proyeksi di layar akan kurang jernih dan tidak tajam. Lampu ruangan pun sebaiknya tidak terlalu terang agar proyeksi tidak tergaggu oleh cahaya lampu tersebut. Pengaturan tempat duduk dan desain tranparansi juga turut berperan dalam mengefektifkan pesan yang disampaikan.

Pada dasarnya, media ini sangat sederhana dan barangkali harganya paling murah jika dibandingkan dengan media visual lainnya. Perangkat OHP berbentuk empat persegi panjang dengan bermacam-macam ukuran yang berisikan lampu, lensa, kaca, kipas angin kecil, dan tombol "on and off". Jika kita lihat bagian dalamnya, overhead projector ini berisikan bola lampu, 'switch' lampu, dan kipas angin kecil.

Lampu tersebut digunakan untuk menyoroti bagian atas permukaan keca. Overhead Projector sebetulnya menggunakan sistem proyeksi secara tidak langsung (indirect projection system). Secara sederhana dapat diartikan bahwa sinar lampu tidak berjalan lurus dari bola lampu ke layar melainkan diarahkan dahulu ke cermin-cermin sebelum mencapai layar. Lampu adalah sumber cahaya yang kemudian diarah oleh cermin A sehingga memancar ke atas melalui permukaan kaca atas overhead. 

Permukaan ini adalah tempat anda meletakkkan transparasi atau benda lain yang akan diproyeksikan. Selanjutnya gambar yang di proyeksikan berjalan ke atas menuju kepala proyektor dan sekali lagi diarahkan oleh cermin B sehingga gambar menuju ke layar.

Lampu dari OHP yang dipancarkan sagat kuat sehingga dapat digunakan dalam kelas yangmemiliki cahaya atau lampu yang kurang terang. Saat ini OHP memang telah menyatu dengan berbagai kegiatan instruksional dan informasional. Perhatikan jika anda sedang berada di suatu sekolah dasar atau menegah di perkotaan. Perhatikan pila ketika anda sedang mengikuti suatu kursus, seminar, simposium, lokakarya, atau diskusi.

Terlihat secara nyata bahwa OHP berhasil menggesr kedudukan papan tulis, ataupun whiteboard sebagai media utama di tenggah-tengah masyarakat. Itu lah sedikit penjelasan mengenai overhead projector. semoga artikel ini membantu.

Gratis Berlangganan Untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru

0 Response to "Apakah Overhead Projector Itu? Ini Penjelasannya"

Post a Comment