Konsep dan Definisi Basis Data

Assalam'mualaikum, Link Pengetahuan akan membahas mengenai konsep dan definisi basis data, saya membuat kesimpulan dari berbagai buku yang saya baca untuk menunjang kinerja saya dalam masa perkuliahan. langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

Konsep dan Definisi Basis Data

Konsep Basis Data
Misalnya saja kita mempunyai sekumpulan buku di rumah kita. Anggap saja kita punya 12 buku yang terdiri dari 4 buku agama, 4 buku umum, dan 4 buku kuliah. Jika saja kita menyimpan buku-buku ini secara ditumpuk sembarangan maka bagi kita memang akan lebih mudah untuk menyimpan buku itu karena kita bisa menumpuknya di posisi manapun tanpa harus berfikir panjang.

Namun, apa yang terjadi ketika kita ingin mencari satu di antara 12 buku tadi? Tentunya kita akan kesulitan mencarinya. Dan usaha yang kita lakukan bisa jadi adalah memeriksa satu per satu buku dalam tumpukan tadi sampai harus 12 kali. Nah sekarang anggap saja ada 1000 buku di rumah kita, apakah kita harus memeriksa 1000 kali untuk menemukan satu buku yang kita cari? Tentunya usaha yang sangat tidak efisien.

Akan sangat berbeda tentunya kalau kta punya sebuah rak buku yang di sana diatur penempatan bukunya. Misalnya buku agama diletakkan di baris rak paling atas, buku umum di baris kedua, buku kuliah di baris ketiga dan seterusnya. Maka tentunya akan jauh lebih cepet dan mudah menemukan buku yang kita cari. Dan bukan hanya itu, menyimpan buku pun tetap mudah karena dengan cepat kita bisa menemukan posisi yang seharusnya untuk menyimpan buku kita.

Nah, itulah kira-kira analogi betapa bermanfaatnya basis data. Buku-buku itu kita ibaratkan sebagai data, baris rak itu kita ibaratkan sebagai tabel dan rak buku itu ibarat sebagai baris data.

Data di dalam file basis data juga disimpan dalam struktur tertentu yang membuat lebih cepat diakses dibandingkan jika data tersebut disimpan dalam file lain.

Definisi Basis Data
Basis data dapat didefinisikan sebagai himpunan kelompok data yang saling berhubungan yang diorganisasikan sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah.

Prinsip utama adalah pengaturan data. Tujuan utamanya kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan kembali data.

Tujuan Basis Data
Secara lengkap pemanfaatan basis data dilakukan untuk memenuhi tujuan ini.
1. Kecepatan dan kemudahan (Speed)
2. Efesiensi ruangan penyimpanan (Space)
3. Keakuratan (Accuracy)
4. Ketersediaan (Availability)
5. Kelengkapan (Completensess)
6. Keamanan (Security)
7. Pemakaian bersama (Sharability)

Penggunaan Basis Data
Di setiap organisasi/perusahaan maka untuk mencapai efisiensi, daya saing, dan kecepatan operasional organisasai/perusahaan digunakanlah aplikasi sistem informasi yang biasanya menggunakan perangkat komputer. Basis data adalah satu komponen utama dalam sistem informasi dan tidak ada sistem informasi yang bisa sijadikan tanpa adanya basis data. Jadi pada intinya untuk meningkatkan kinerja perusahaan menggunakan aplikasi berbasis komputer maka basis data mutlak diperlukan.

Kongkritnya, beberapa pemanfaatan basis data antara lain:

1.Kepegawaian, untuk berbagi perusahaan yang memiliki banyak pegawai.
2.Pergudangan (Inventori) dan penjuala, untuk perusahaan manufaktur (pabrik),supermarket, apotek, dll.
3.Akutansi, untuk Bank dan perusahaan-perusahaan yang melinatkan uang.
4.Resevasi, untuk hotel, pesawat, kreta api.
5.Catatan Medik, untuk rumah sakit.
6.Akademik, Untuk perguruan tinggi atau sekolah.

Itu lah sedikit penjelasan megenai konsep dan definisi basis data, semoga bermanfaat.

Gratis Berlangganan Untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru

0 Response to "Konsep dan Definisi Basis Data"

Post a Comment