Pengertian Konsep Dasar Manajemen Informasi

Assalam'mualaikum, kali ini di Link Pengetahuan saya coba membagikan artikel yang berjudul Pengertian Konsep Dasar Manajemen Informasi, mungkin materi ini tidak asing untuk mahasiswa manajemen atau pun mahasiswa sistem informasi, ia saya menulis artikel ini bedasarkan hasil mencatat dari matakuliah yang saya jadikan artikel, bukan dalam bentuk buku melaikan hanya catatan yang saya rangkai menjadi sebuah artikel yang mungkin bisa membantu anda dalam matakuliah manajemen.

Pengertian Konsep Dasar Manajemen Informasi

Manajemen Informasi
Manajemen informasi sebagai suatu sumber yang mempunyai pola yang sama, manejer bertanggung jawab untuk mengumpulkan data mentah dan memprosesnya menjadi informasi yang dapat digunakan.

Melihat keadaan sekarang minat terhadap informasi sangat meningkat pesat tidak hanya di dalam berbisnis tetapi di segala seumber pengolahan manajemen.

Perana Manajemn Dalam Pengolahan Sumber Informasi
Gagasan menggunakan komputer sebagai sistem informasi manajemen merupakan terobosan besar seorang manajer yang berhasil,harus memiliki keahlian minimal seorang manajer mempunyai dua keahlian mendasar, Yaitu: 

1. Keahlian Komunikasi
Dimana seorang manajer harus senantiasa berkomunikasi dengan bawahan, Orang-orang lain di luar perusahaan/media baik media tulis maupun media lisan.

2. Kemampuan Mmemcahkan Masalah
Dimana seorang manejer harus dapat memecahkan suatu masalah, dan manejer terlibat dalam pengambilan keputusan, dimana manejer mampu memilih alternatif dalam pemecahan suatu masalah.

Sumber Daya Manejemen
1. Sumber daya fisik: Manusia,mesin,material,uang.
2.Sumber daya konseptual: Informasi.

Konsep Sistem 
Menurut John Mc Manama Sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suaru kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien. 

Suatu sistem merupakan totalitas yang kompleks dan terorganisir sistem dapat berupa abstrak dan dapat berupa Fisik.Sistem abstrak suatu susunan atas suatu gagasan yang saling bergantung suaru dengan lainnya.
Sedangkan sistem fisik adalah susunan teratur dari unsur-unsur yang saling berkesinambungan.

Contoh kongkrit dari suatu sistem.
1. Organ tubuh manusia yang membutuhkan beragam sistem.
2. Komponen elektronik komputer yang membentuk sistem komunikai.
3.Rakyat yang membentuk sistem berorganisasi

Konsep Data dan Informasi
Data adalah sesuatu yang tidak memiliki kegunaan bagi yang menggunakannya,data tentu tidak berguna bagi seseorang tetapi data tersebut dapat berguna bagi orang lain.Data menjadi suatu hal yang berguna ketika telah melalui suatu proses.

Infomasi
Informasi adalah data yang telah di olah sedemikian rupa sehinggan berguna atau meningkatkan pengetahuan bagi orang yang menggunakan informasi tersebut.

Sistem Informasi Berbasis Komputer
Pengertian sistem informasi berbasis komputer (komputer based information sistem) merupakan sistem pengolahan data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat digunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengembalian keputusan.

Keuntungannya :
1.Menghemat Waktu
2.Menghemat Biaya
3.Efektif
4.Mengerti Teknologi

Dasar-dasar manajemen

1.Planing >Perencanaa > Pencapaian  tujuan.

2.Organizing>Pengorganisasian> bekerja berdasarkan tupoksi dalam organisasi.

3.Aktualting>Aktualisasi>Pelaksanaan kegiatan oleh anggota organisasi dalam proses manajemen.

4.Controling>Kontrol>Evaluasi/Pengawasan dalam setiap langkah kegiatanorganisasi.
 
Itulah definisi singkat mengenai pengertian konsep dasar manajemen informasi, semoga membantu dan menambah pengetahuan pembaca, dan terimakasih sudah berkunjung di Link Pengetahuan.

Gratis Berlangganan Untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru

0 Response to "Pengertian Konsep Dasar Manajemen Informasi"

Post a Comment