Pengertian Konsep Dasar Manajemen Informasi
Assalam'mualaikum,
kali ini di Link Pengetahuan saya coba membagikan artikel yang berjudul
Pengertian Konsep Dasar Manajemen Informasi, mungkin materi ini tidak asing
untuk mahasiswa manajemen atau pun mahasiswa sistem informasi, ia saya menulis
artikel ini bedasarkan hasil mencatat dari matakuliah yang saya jadikan
artikel, bukan dalam bentuk buku melaikan hanya catatan yang saya rangkai
menjadi sebuah artikel yang mungkin bisa membantu anda dalam matakuliah
manajemen.
Manajemen
Informasi
Manajemen
informasi sebagai suatu sumber yang mempunyai pola yang sama, manejer
bertanggung jawab untuk mengumpulkan data mentah dan memprosesnya menjadi
informasi yang dapat digunakan.
Melihat
keadaan sekarang minat terhadap informasi sangat meningkat pesat tidak hanya di
dalam berbisnis tetapi di segala seumber pengolahan manajemen.
Perana Manajemn
Dalam Pengolahan Sumber Informasi
Gagasan
menggunakan komputer sebagai sistem informasi manajemen merupakan terobosan
besar seorang manajer yang berhasil,harus memiliki keahlian minimal seorang
manajer mempunyai dua keahlian mendasar, Yaitu:
1. Keahlian
Komunikasi
Dimana
seorang manajer harus senantiasa berkomunikasi dengan bawahan, Orang-orang lain
di luar perusahaan/media baik media tulis maupun media lisan.
2.
Kemampuan Mmemcahkan Masalah
Dimana
seorang manejer harus dapat memecahkan suatu masalah, dan manejer terlibat
dalam pengambilan keputusan, dimana manejer mampu memilih alternatif dalam
pemecahan suatu masalah.
Sumber
Daya Manejemen
1.
Sumber daya fisik: Manusia,mesin,material,uang.
2.Sumber
daya konseptual: Informasi.
Konsep
Sistem
Menurut
John Mc Manama Sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari
fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suaru kesatuan
organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.
Suatu
sistem merupakan totalitas yang kompleks dan terorganisir sistem dapat berupa
abstrak dan dapat berupa Fisik.Sistem abstrak suatu susunan atas suatu gagasan
yang saling bergantung suaru dengan lainnya.
Sedangkan
sistem fisik adalah susunan teratur dari unsur-unsur yang saling
berkesinambungan.
Contoh
kongkrit dari suatu sistem.
1. Organ
tubuh manusia yang membutuhkan beragam sistem.
2.
Komponen elektronik komputer yang membentuk sistem komunikai.
3.Rakyat
yang membentuk sistem berorganisasi
Konsep
Data dan Informasi
Data
adalah sesuatu yang tidak memiliki kegunaan bagi yang menggunakannya,data tentu
tidak berguna bagi seseorang tetapi data tersebut dapat berguna bagi orang
lain.Data menjadi suatu hal yang berguna ketika telah melalui suatu proses.
Infomasi
Informasi
adalah data yang telah di olah sedemikian rupa sehinggan berguna atau
meningkatkan pengetahuan bagi orang yang menggunakan informasi tersebut.
Sistem
Informasi Berbasis Komputer
Pengertian
sistem informasi berbasis komputer (komputer based information sistem)
merupakan sistem pengolahan data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan
dapat digunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengembalian keputusan.
Keuntungannya
:
1.Menghemat
Waktu
2.Menghemat
Biaya
3.Efektif
4.Mengerti
Teknologi
Dasar-dasar
manajemen
1.Planing
>Perencanaa > Pencapaian tujuan.
2.Organizing>Pengorganisasian> bekerja berdasarkan tupoksi dalam organisasi.
3.Aktualting>Aktualisasi>Pelaksanaan kegiatan oleh anggota organisasi dalam proses manajemen.
4.Controling>Kontrol>Evaluasi/Pengawasan dalam setiap langkah kegiatanorganisasi.
Itulah
definisi singkat mengenai pengertian konsep dasar manajemen informasi, semoga
membantu dan menambah pengetahuan pembaca, dan terimakasih sudah berkunjung di
Link Pengetahuan.
0 Response to "Pengertian Konsep Dasar Manajemen Informasi"
Post a Comment