Seberapa Penting SEO Untuk Sebuah Blog Yang Kita Kembangkan?

Seberapa Penting SEO Untuk Sebuah Blog Yang Kita Kembangkan?Bagi seorang blogger pasti sudah tak asing lagi dengan kata SEO. Bagi sebagian orang teknik ini menjadi momok yang menakutkan ketika ingin menjadi seorang blogger pemula. Tapi seberapa seberapa pentingkah SEO dalam dunia blogging?

Apa Itu SEO ?

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencarian Google.

Saya seorang mahasiswa Jurusan sistem informasi, yang tertarik dengan kegiatan blogging. Berawal dari tugas seorang dosen yang mewajibkan mahasiswanya memiliki sebuah blog dengan tema yang kita tentukan sendiri.

Pada awalnya saya sudah mengenal blog atau web ketika masih di bangku SMA, pada waktu itu saya membuat sebuah blog dengan tujuan membromosikan grub musik yang saya bentuk  dengan teman-teman saya semasa bersekolah dulu.

Belum mengetahui kalau blog bisa menghasilkan uang. Barulah ketika kuliah saya menemukan sebuah pengetahuan yang baru, yaitu blog bisa menghasilkan uang. Dosen saya adalah salah satu orang yang berpenghasilan dari blog. Namun bukan dari Google AdSense, melainkan ia mempromosikan sebuah produk seseorang yang hasil penjualannya di bagi untuk pemilik blog atau web.

Tapi di artikel kali ini saya tidak akan memberikan penjelasan menganai cara mendapatkan penghasilan dari Google AdSense. Melainkan hanya berbagi pengalaman dalam mengembangkan sebuah blog dengan teknik SEO sederhana.

Dari sini lah saya memulai kegiatan blogging dan mencari informasi mengenai ilmu blogging. iya, yang saya temukan adalah SEO, dan berbagai materi lainnya. Saya akan coba membantu Anda dalam mencari jawaban dalam postingan ini melalui cerita saya atau bisa di bilang pengalaman saya selama menjadi seorang blogger.

Bukan menggurui atau pun sok tau, banyak blogger-blogger yang sudah mendahului saya dan sukses. Di sini saya tidak akan menjelaskan teknik SEO yang ampuh ataupun manjur. Itu hak anda menilai.

SEO Sederhana

Saya pernah merasakan artikel saya di halaman pertama, sombong amat!.. maaf cuma sekedar membagi pengalaman. Namun, bukan blog saya yang satu ini, Link Pengetahuan. Saya membuat sebuah blog dengan nama RUMAH TEATER yang isi di alamnya adalah materi teater, tidak keluar dari temannya.

Kebetulan saya adalah pelatih teater di salah satu SMA tempat saya tinggal. Memanfaatkan sebuah kesempatan yang menjadi awal saya membuat sebuah blog yang membahas Seni Teater. Setidaknya ada konsumen yang saya targetkan sebelum saya membuat blog.

SEO yang saya terapkan hanya dengan membagikan link blog saya kepada komunitas-komunitas seni teater yang ada di lingkungan saya tinggal. Tidak hanya di lingkungan terdekat melainkan grub-grub yang membahas seputar seni teater.

Berharap dengan hal itu saya bisa meningkatkan pengunjugn di blog saya. Mengapa saya memutuskan untuk menerapkan teknik SEO seperti itu? selain mendaftarkan blog ke Google Console dan Google Analytics ternyata ada yang saya sadari dalam fungsi tool yang di berikan Google secara geratis.

Google akan mengindex pengunjung  yang mampir di blog kita, atau di sebut sumber traffic. Pengunjung organik memiliki dampak yang sangat besar untuk meningkatkan peringkat pada artikel kita. Karna kembali lagi dengan fungsi teknik SEO yang di terapkan di sebuah blog atau web.

Dan dalam waktu satu bulan saya sudah mendapatkan pengunjung organik tanpa harus berulang-ulang mempromosikan blog saya, awalnya saya belum percaya dengan hasil perhitungan yang ada di Google Console mengenai trafik saya yang meingkat tajam.

Mencoba mencari kata kunci yang saya jadikan sebuah judul di blog, ternyata atikel saya nyangkut di halaman pertama Google.  Pertanyaannya apakah kata kunci yang saya gunakan banyak pencarinya? Alhamdulillah, walau tak semua artikel saya yang  menyangkut di halaman pertama.

Saya merasa tidak melakukan teknik SEO berlebihan, atau sekelas blogger senior. Saya hanya membuat artikel yang saya pahami dan dengan maksud membagi sebuah ilmu pengetahuan yang saya tau. Dan hanya meraba-raba untuk sebuah kata kunci.

Saya hanya mencari kata kunci yang sesuai dengan artikel saya. Dan sedikit membedakannya dengan kata kunci lainnya. Apa saya membuat artikel yang sangat bagus sampai bisa ke tahap ini? menurut saya dalam artikel itu saya belum banyak mengetahui bagaimana membuat sebuah artikel yang di sukai oleh mesin pencari Google.

Sebenarnya dalam cerita ini, saya hanya menerapkan beberapa teknik yang di sebut dengan SEO. Namun, dengan cara yang tidak serumit seperti teaorinya. Mengapa saya katakan sulit. Banyak blogger sudah melakukan SEO yang ilmunya ia dapatkan dari mencari di Google. Tapi hasilnya belum terlihat, semakin banyak pertanyaan serupa.

SEO pada dasarnya hanyalah trik yang kita gunakan untuk meningkatkan sebuah trafik dengan tujuan memperbanyak pengunjung di blog kita. Namun harus di ingat, bahwa SEO yang tidak di imbangi denga kuwalitas konten yang baik tidak akan menghasilkan hasil yang maksimal. Kegiatan blogging baiknya tidak di paksakan melainkan di jadian sebuah hobi yang di gemari, dengan begitu kita bisa lebih leluasa dalam menyediakan konten yang berkuwalitas.

Kesimpulan

Anda bisa mengikuti sedikit trik saya di atas dan lihat hasilnya. Memang tidak langsung membuat anda kegirangan dengan hasilnya. Namun, setidaknya Anda memiliki pengalaman dalam membangun sebuah blog. Tak ada yang instan dalam sebuah perjalanan menuju sukses, termasuk di dalam dunia blogging. Sabar dan tekun menjadi kunci utama di dalam kegiatan blogging. Semoga artikel ini bermanfaat, dan bisa membatu Anda dalam menjadi solusi.

Gratis Berlangganan Untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru

0 Response to "Seberapa Penting SEO Untuk Sebuah Blog Yang Kita Kembangkan?"

Post a Comment